Cara Mengobati Kucing Sakit Mata atau Berair

Apa yang kamu sukai dari kucing kesayanganmu? Pasti kelucuannya bukan? Pesona lucu itu seakan tak ada habisnya untuk dinikmati hingga dikagumi. Mulai dari tingkahnya yang manja dan menggemaskan, gaya yang suka meminta perhatian, posisi lucunya saat tidur siang sambil bermalas-malasan, atau bahkan fisiknya yang imut seperti bulu berwarna indah, bentuk wajah yang unik atau pandangan mata yang memelas seperti meminta hadiah.

Sayangnya, pesona pandangan mata kucing dapat terganggu oleh keberadaan penyakit yang menyerang daerah sekitar matanya, catlovers. Kalau kucing terkena sakit mata, bagaimana cara mengatasinya? Simak, yuk!

Penyebab Sakit Mata Pada Kucing

penyakit mata pada kucing

photobucket.com

Sakit mata atau lebih dikenal dengan belekan ternyata tidak hanya terjadi pada manusia, tetapi juga pada hewan peliharaan semanis kucing. Hewan dengan suara khas mengeong ini akan mengalami sakit mata atau belekan apabila kotoran matanya tidal dibersihkan. Kotoran mata yang menempel lama akan menjadi kerak yang menghitam dan mengeras. Kotoran yang telah mengeras inilah media yang nyaman bagi bakteri dan kuman untuk berkoloni.

Reaksi mata terhadap bakteri dan kuman tersebut akan membuat area sekitar mata jadi berair terus-menerus sehingga belekan pun tidak terhindarkan. Selain itu, seperti halnya manusia, kucing pun akan merasa sakit akibat dari belekan ini atau minimal tidak nyaman. Jika dibiarkan, hal ini dapat membuat sakit mata kucingmu bertambah parah. Sebelum memutuskan untuk menemui dokter hewan, tidak ada salahnya untuk mencoba merawat mata kucing kesayanganmu sendiri.

Langkah-langkah Mengobati Mata Kucing yang Sakit

Kalau kucing kamu mengalami sakit mata catlovers, cobalah untuk melakukan 3 hal berikut:

1. Tempatkan di kandang terpisah

memisahkan kucing yang sedang sakit

http://catsanimals.com/

Sakit pada mata kucing dapat menular pada kucing yang lain. Bila kamu memiliki satu atau lebih kucing, sebaiknya menempatkan kucing yang sakit mata di kandang terpisah. Hal ini ditempuh agar sakit mata kucing tidak menular dan kucing yang sedang sakit mata tidak berkeliaran ke luar rumah sehingga akan memperparah kondisi sakit matanya karena bakteri yang bertambah.

2. Bersihkan kotoran mata kucingmu

membersihkan mata kucing

alamy.com

Setelah kamu menempatkan kucing yang sakit ke dalam kandang yang bersih, berikutnya adalah membersihkan kotoran yang muncul sebelum menjadi media bagi bakteri. Upaya membersihkan kotoran mata kucing ini harus segera dan sesering mungkin sebelum kotoran tersebut menumpuk. Gunakanlah kapas lembut yang dicelupkan pada air hangat agar kotoran lepas dengan mudah tanpa menyakiti kulit permukaan sekitar mata kucing.

3. Memberi obat mata pada kucing

memberi obat mata kucing

youtube.com

Langkah ketiga tentu saja dengan memberinya obat. Saran obat pertama adalah obat herbal atau alami dari daun sirih. Caranya dengan membersihkan daun sirih kemudian direbus, air rebusan yang sudah dingin diteteskan ke mata kucing yang sakit. Dengan demikian, daun sirih yang merupakan antiseptik alami dapat membersihkan mata dari kotoran yang berisi kuman atau bakteri. Lakukan sehari satu kali setelah mata kucing dibersihkan. Reaksi awal kemungkinan akan membuat mata kucing terus berair dan atau memerah. Hal ini biasa terjadi sebagai pertanda bahwa mata kucing tersebut memiliki banyak kotoran. Lagipula, penggunaan obat alami seperti daun sirih minim efek samping.

Jangan pernah meneteskan obat tetes mata manusia kepada kucing, karena dapat menyebabkan bengkak di sekitar mata. Bila kamu ragu dengan khasiat rebusan daun sirih, carilah obat tetes mata untuk kucing di toko hewan atau online shop.

Obat yang juga disarankan adalah Teramicin. Obat yang berbentuk salep ini tersedia di toko obat/apotek, harganya pun cukup terjangkau. Cara pakainya, setelah kamu bersihkan mata kucing, oleskan Teramicin sesuai anjuran. Lakukan 1 kali sehari hingga belekannya berkurang. Jika sakit tetap berlanjut, segeralah pergi ke dokter hewan.

Merawat sendiri terlebih dahulu sakit mata kucing kesayanganmu selain sebagai pembelajaran berharga juga dapat memperat ikatan batin antara catlovers dengan kucing kesayangannya. Semoga kucing kesayanganmu tetap sehat dan makin lucu setelah matanya sembuh, aamiin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

free web tracker