Kucing Manx

Kucing Manx adalah salah satu dari beberapa jenis kucing yang ada di dunia. Namu jenis kucing ini tergolong unik karena mereka tidak memiliki ekor yang juga termasuk salah satu ciri-ciri kucing busok. Meskipun ekor kucing menjadi keseimbangan pada kucing itu sendiri namun kucing manx tidak memiliki keseimbangan yang buruk. Keseimbangan kucing manx sama bagusnya dengan kebanyakan jenis kucing lainnya, karena mereka memiliki aparatus vestibular yang sangat sensitf di dalam telinganya sebagai kompensasi pengganti ekornya.

Kucing Manx

Kucing Manx baru diketahui pada awal abad ke-19, berasal dari Isle of Man, suatu pulau yang terletak antara Inggris dan Irlandia. Hilangnya ekor pada jenis kucing ini adalah akibat mutasi alami yang terjadi di pulau tersebut. Berdasarkan dongeng penduduk setempat, kucing ini berasal dari laut. Gen tanpa ekor ini bersifat dominan. Akibat berada di pulau yang terisolir, populasi kucing tanpa ekor mendominasi seluruh populasi kucing di pulau tersebut setelah terjadi perkawinan dengan kucing domestik di sana.

Banyak rumor yang beredar tentang asal kucing manx, ada dongeng yang mengatakan bahwa Noah sedang menutup pintu kapalnya ketika turun hujan, tanpa disengaja ekor kucing tersebut terputus karena hampir terlambat masuk ke dalam kapal Noah. Rumor lainnya mengatakan bahwa kucing ini merupakan campuran antara kucing dengan kelinci, sehingga ekor kucing tersebut tidak ada atau hanya kecil sekali seperti ekor kelinci.

Gejala tanpa ekor atau ekor kecil tidak hanya dialami oleh kucing ini saja, beberapa jenis kucing bobtail dan kucing lainnya juga mengalami mutasi genetik sehingga memiliki ekor kecil. Selain itu, sifat gen ekor kucing ini bersifat dominan, sedangkan kucing bobtail bersifat resesif. Hingga saat ini masih belum dapat dijelaskan korelasi kucing manx dengan kucing bobtail.

Pengakuan Ras Kucing Manx

Ras Kucing sudah mulai diketahui para pecinta kucing sejak akhir tahun 1800an. Charles Henry Lane, seorang ahli kucing, telah berusaha membuat standarisasi terhadap ras ini pada tahun 1903. Kucing ini telah diakui semua organisasi kucing skala internasional, yaitu TICA, FIFe dan CFA.

2015-C25Jenis kucing manx mendapatkan peringkat 25 sebagai
the best cat CFA musim 2014-2015

Ciri Kucing Manx

Ekor kucing manx kualitas show maksimal memiliki panjang sekitar 3cm. Semakin pendek atau tanpa ekor, maka semakin bagus nilainya. Kucing ini memiliki ukuran kecil hingga medium dengan berat antara 3 hingga 5 kilogram. Kaki belakang Manx lebih panjang dari kaki depannya, sehingga pantatnya lebih tinggi dibandingkan bahu. Akibatnya kucing ini terlihat bulat dan bungkuk ketika berjalan, namun kucing ini relatif panjang ketika sedang berbaring. Kucing ini sering digambarkan seperti bentuk kelinci.

Kepala kucing ini bulat bentuknya dengan leher yang panjang. Mukanya seringkali lebih ekspresif dengan hidung yang kecil. Telinganya berdiri, berujung bulat dan menghadap ke depan. Matanya bulat, besar dan menonjol, dengan sudut luarnya lebih tinggi dibandingkan sudut dalamnya. Warna mata kucing manx mengikuti pola warna bulunya.

Kucing manx memiliki dua jenis bulu pendek dan bulu panjang. Biasanya kucing ini longhair disebut dengan Kucing Cymric (Manx Longhair). Warna dan pola bulu kucing ini sama seperti standar kucing pada umumnya. Namun beberapa asosiasi kucing hanya menerima pila tabby, tortoiseshell, calico dan warna solid. Beberapa warna lainnya seperti color point dan bahkan bisa memiliki pola marble dan spotted. Warna yang paling langka pada ras ini  adalah berwarna putih solid.

kucing manx

Sifat kucing Manx

Karakter kucing manx adalah lembut dan tenang. Hal yang membuat kucing ini menarik adalah sifatnya seperti anjing dan dapat dilatih bermain mengambil benda-benda kecil yang dilemparkan. Kucing ini adalah hewan yang suka bersosialisasi dan berteman, sangat dekat dengan manusia pemiliknya, namun pemalu terhadap orang asing. Kucing Manx sangat loyal dan senang mengikuti pemiliknya seperti anak anjing, beberapa pemilik kucing ini mengatakan bahwa kucing ini mampu belajar perintah verbal sederhana, tidak seperti kebanyakan kucing lainnya.

Kucing Manx adalah pemburu yang handal, ia dapat mengalahkan mangsa besar (seperti tikus dewasa) bahkan ketika ia masih muda. Kucing Min cocok menjadi kucing penjaga lumbung dan penjaga kapal dari serangan tikus. Semua kucing, termasuk kucing besar, dapat menggunakan kaki belakangnya secara stimultan untuk mendorong tubuhnya ketika bergerak cepat, namun kucing ini lebih terlihat seperti sedang melompat seperti kelinci ketika sedang berlari. Karena kaki belakangnya lebih panjang, kucing ini adalah pelompat yang handal, tak ada tempat tinggi yang tidak bisa digapai oleh kucing in.

Ras kucing ini bisa hidup bersama dengan kucing lainnya, bahkan dengan anjing yang berkelakuan baik. Temperamennya yang suka bermain dan tidak agresif sangat cocok sebagai peliharaan bagi catlovers yang memiliki anak kecil. Selain itu kucing ini juga termasuk jenis yang tertarik dengan air. Jadi apakah catlovers tertarik dengan kucing unik tanpa ekor yang sangat jinak dan pintar ini seperti Kucing Manx ini?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

free web tracker