Kucing Oriental

Kucing Oriental – Jika diambil dari kata oriental maka sebuah sebutan tradisional untuk apapun yang dipunyai dunia Timur atau Timur Jauh yang dalam hal ini diwakili oleh Chinese (Cina), Japanese (Jepang), dan Koreanese (Korea) dengan ciri khas hidung mungil, mata tidak terlalu besar bahkan cenderung sipit. Begitu pula dengan kucing oriental. Namun, jika ingin membahas tentang sejarah Kucing Oriental, maka kita tidak bisa memisahkannya untuk membahas Kucing Siam. Karena munculnya ras kucing ini tidak lepas dari peran kucing siamese. Pada jaman dulu, jenis kucing siam yang berwarna color point dan bermata biru dipelihara oleh keluarga kerajaan dan dijaga di Istana Siam (Thailand saat ini). Pada tahun 1920an kucing pertama diimpor dari Thailand menuju Inggris, biasanya berwarna solid atau bicolor.

kucing oriental

kucing oriental shorthair

Konsep mengenai seekor kucing dengan badan kucing siam namun dengan beragam pola dan corak warna mulai menarik perhatian imaginasi pecinta kucing. Dengan bantuan breeder yang ahli, kucing siam mulai dikembangkan menjadi kucing yang saat ini kita kenal dengan kucing oriental. Program pengembangan dimulai pada tahun 1950an dengan melakukan kawin silang antara kucing siam, kucing russian blue, kucing british shorthair, kucing abyssinian dan domestic shorthair, lalu menyilangkan kembali anakannya ke kucing siam.

Kucing Oriental Longhair

Kucing Oriental Longhair

Selanjutnya beberapa breeder Amerika yang memiliki ketertarikan dengan kucing ini lalu membentuk Oriental Shorthair International, sebuah klub yang akhirnya membuat ras kucing ini diakui oleh CFA (Cat Fanciers Association) pada tahun 1972. Selanjutnya pada tahun 1985 TICA juga mengakui ras kucing ini. Meningkatnya jumlah pola dan corak warnanya membuat kucing ini menjadi populer. Saat ini kucing oriental berada pada peringkat kesepuluh kucing paling popular di CFA.

Karakter Kucing Oriental

Kucing Oriental dikategorikan sebagai kucing ukuran medium dengan berat antara 4kg – 6,6kg. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 600 kombinasi warna, pola, dan panjang bulu yang ditelah dikonfirmasi. Mulai dari pola warna solid, smoke, shaded bicolor, hingga tabby. Beragam warna pun juga ada di jenis kucing ini, mulai dari putih, hitam, merah, blue, chocolate dan lainnya.

oriental cat

Kucing ini juga memiliki tubuh langsing namun berotot dengan garis panjang dan kepalanya yang berbentuk baji. Telinga kucing ini sangat besar dan lebar, sehingga kepalanya terlihat seperti bentuk segitiga. Matanya berukuran sedang dengan bentuk almond yang berwarna biru, hijau ataupun odd-eyes (satu biru dan satu hijau). Tubuhnya digambarkan seperti tubular dengan kakinya yang ramping dan panjang -kaki belakang lebih panjang dibandingkan dengan kaki depan. Kucing Oriental Longhair memiliki bulu menengah-panjang yang halus.

oriental cat1 oriental cat2

Kucing Siam dan Kucing Oriental mungkin memang berbeda dalam pola warna, namun didalamnya mereka cukup identik. Kucing Oriental cerewet dan keras kepala. Dia akan memberitahu kita apa yang ada dalam pikirannya dengan suara yang keras dan berharap agar kita memperhatikannya. Kucing ini sangat menyayangi orang-orang yang telah menjadi keluarganya, oleh karena itu kucing ini ingin menjadi “bermanfaat” dengan cara mengikuti dan mengawasi kita kemanapun kit apergi. Ketika kita duduk, kucing ini akan di pangkuan kita, dan ketika kita tidur di malam hari ia akan berada de tempat tidur kita, mungkin di bawah selimut atau di bantal kita.

kucing oriental

Kucing Oriental terkenal dengan telinganya yang lebar

Jika kita tidak senang dengan keributan, maka tidak disarankan untuk memelihara kucing ini. Namun jika kita senang menikmati mengobrol dengan kucing kita sepanjang hari, maka kucing ini merupakan teman terbaik. Pastikan kita memiliki waktu untuk menghabiskan waktu dengan kucing yang suka berinteraksi ini. Kucing oriental sangat tidak suka ditinggal sendirian. Jadi jika kita bekerja di siang hari, bisa jadi pilihan terbaik jika kita memelihara dua kucing agar mereka bisa berinteraksi.

oriental-shorthair-ap-0eqjmp-compressor

Kucing Oriental termasuk jenis kucing yang sangat cerdas, lincah dan atletis, serta suka bermain. Ia menjaga otaknya agar tetap aktif dengan permainan puzzle. Kucing ini sangat senang bermain cat teaser, tubuhnya yang atletis juga membantu ia dapat berlari dan memanjat cat tree yang besar. Ia mampu membuka pintu dan laci atau mengobrak-abrik isi tas kita untuk mencari sesuatu yang menarik perhatiannya. Jangan pernah meninggalkan kucing ini tanpa hiburan, atau kita akan melihat rumah kita berantakan akibat ulah kucing lucu yang satu ini.

uk_pets.20195.1-compressor

Kucing Oriental yang masih kecil. Lucu kan?

Kucing Oriental sangat peduli dengan orang-orang yang ada dalam hidupnya. Mereka sangat dekat dengan manusia pilihannya, jadi bersiaplah untuk komitmen seumur hidup ketika memeliharanya. Karena kucing ini akan sangat sulit menyesuaikan diri ketika kehilangan keluarga atau orang favoritnya. Bagaiman, apakah anda tertarik menjadikan kucing oriental salah satu bagian dari keluarga anda?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

free web tracker