Kucing Raas, Kucing Busok dan Kucing Kecubung

Kucing Raas, Kucing Busok dan Kucing Kecubung – Meskipun Kucing merupakan hewan berkaki 4 yang banyak dijumpai disekeliling kita dan tidak sedikit memilih untuk memeliharanya. Namun tidak sedikit para pecinta kucing yang masih bertanya-tanya tentang kucing raas baik kucing busok ataupun kucing kecubung meskipun dewasa ini banyak ras kucing yang di impor dari luar negeri salah satunya yang dimiliki oleh presenter Uya Kuya yang memilih ras kucing bengal. Tapi tahukah anda bahwa Indonesia sendiri memiliki ras kucing asli indonesia yaitu Kucing raas yang dipenuhi dengan mitos. Kucing raas merupakan ras kucing yang hidup di Pulau Raas. Pulau Raas sendiri merupakan pulau kecil yang terletak disebelah timur Kabupaten Sumenep Madura.

Kucing Raas

Kucing Raas sendiri memiliki 2 jenis kucing yakni kucing busok dan kucing kecubung. Meskipun keduanya sama-sama dari pulau raas namun ada perbedaan dari keduanya meskipun masih dominan sama antara keduanya

Ras ini merupakan ras kucing murni dan asli, tanpa tercampur gen dari ras kucing lainnya. Kucing ini termasuk kucing yang langka dan memiliki variasi genetik yang tinggi. Konon, meski kucing raas ini berbulu pendek, tetapi penampilannya terlihat berbeda dengan kucing kampung yang biasa berkeliaran di sekitar kita. Awal mula kelahiran kucing ras ini juga masih belum banyak diketahui. Kemungkinan besar ras kucing madura terbentuk secara alami. Selain hanya berkembang biak di pulau Raas namun untuk keluar dari pulau raas hanya beberapa tahun terakhir. Karena sebelumnya sangat sulit, walaupun bisa tapi hanya untuk jantan dengan syarat harus di kebiri.

Kucing Busok

kucing raas busok
Untuk penamaan Kucing Busok atau masyarakat Madura sering menyebutnya Kucing Raas tersebut sangat unik dibandingkan jenis Kucing lainya. Kata busok / buso sendiri adalah sebutan dari masyarkat setempat untuk warna abu-abu kebiruan polos (blue) seperti yang terdapat pada ras russian blue atau british shorthair.

Kucing Kecubung

kucing raas kecubung
Sedangkan untuk penamaan kucing kecubung sendiri mengambil dari warna bulu cokelat meskipun kucing jenis ini memiliki pola colorpoint yang mirip dengan kucing siam/ kucing Tonkinese/ kucing burmesse tapi warna ini jarang ditemui.

Untuk mengetahui lebih rinci tentang ciri-cirinya bisa baca DISINI

Satu hal yang sangat disayangkan dari kucing raas ini adalah bahwa sampai postingan ini di publish masih belum di akui sebagai ras kucing dan belum terdaftar di cat registry

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

free web tracker